Selasa, 04 Februari 2014

Tips Terhindar Dari Merokok ..

Nii Saya Kasih Tips Untuk Orang Tua agar Tidak Merokok .. Soo Langsung aja Cekidott



Tips Agar Anak Kita Tidak Merokok Seperti Orang Tuanya......
Apakah anda perokok berat? Kalau ya, disini ada salah satu tips agar anak anda tidak mengikuti jejak anda dalam berperilaku merokok.
Bagi seorang perokok berat seperti saya ini, sangatlah susah untuk tidak merokok di sembarang tempat. Kebiasaan buruk ini sudah berjalan sejak saya masih SMA. Sering kali keinginan atau hasrat untuk berhenti merokok timbul dari dalam hati, namun memang susah dan memang rasanya berat sekali untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini dari kehidupan kita sehari-harinya.
Karena kebiasaan buruk tersebut, kita sebagai orang tua, kebiasaan buruk seperti ini biasanya menular pula pada anak-anak kita yang masih usia sekolah. Pada umumnya, anak-anak yang dalam masa pertumbuhan usia mudanya sering mengidolakan orang tuanya sebagai idola dalam pergaulannya sehari-hari, terutama pada sosok seorang ayah. Baik perilakunya sehari-hari di rumah mapun perilaku di luar rumah dan bahkan mungkin perilaku dalam kehidupan masyarakat sekitar terutama pada lingkungan sekolah.
Demikian pula dalam perilaku merokok. Seorang anak, biasanya, baik secara langsung maupun tidak langsung akan meniru perilaku orang tuanya yang perokok, sehingga si anak cenderung juga untuk menjadi seorang perokok, dari perokok pasif ke perokok aktif.
Sebagai orang tua yang bijaksana, kita harus dapat menyiasati bagaimana caranya agar anak kita tidak ikut-ikutan menjadi perokok seperti halnya kita sebagai orang tua.
Disini saya menyertakan tips-tips yang sudah lama saya terapkan dalam lingkungan keluarga saya untuk melatih anak dalam hal agar anak kita tidak merokok. Di mata anak kita, kita sebagai orang tuanya masih dapat merokok seperti biasanya tanpa akan ditiru oleh anak kita. Dan saya sebagai orang tuanya masih dapat merokok tanpa memberikan contoh yang berkonotatif negatif kepada anak-anak kita.
Karena tips ini juga (mungkin) berguna untuk kebaikan semua pihak. Diantara tips yang sudah pernah dan sedang saya berlakukan di rumah tangga saya dan hasilnya cukup berarti.


Ni buat anda kalo sudah merokok .. ... Ehhh tau ga ? untuk anda yang beragama muslim .. Merokok itu Berdosa tau .. Makannya Berhenti Merokok .. dulu saya juga Perokok .. Semenjak Tau Hadis Tentang Dosanya Meroko Saya Langsung Berhenti .. Nii Contoh Dalilnya Biar Semakin Yakin Untuk Berhenti Merokok:
Alloh mengharamkan segala sesuatu yang mudhorot (bahaya) nya lebih besar dari manfaatnya seperti arak dan judi, sebagaimana firman-Nya:
”… Dan dosa keduanya (arak dan judi) lebih besar ketimbang manfaatnya… ” (QS. Al-Baqoroh: 219).
Rokok jelas bahaya dan dosanya lebih besar dari manfaatnya yang belum jelas sehingga termasuk hal yang diharamkan Alloh. Sesungguhnya manfaat rokok hanyalah klaim dan pembelaan dari dari perokok belaka tanpa ditunjang dalil dan bukti.
Dalam kaidah fiqih disebutkan ”Mencegah kerusakan/bahaya lebih didahulukan daripada mengambil manfaat”. Maka seharusnya kita mendahulukan mecegah diri kita dari bahaya rokok dengan tidak merokok dari pada mengambil manfaat menkonsumsi rokok yang hanya isapan jempol belaka.

Dalam agama islam dilarang melakukan perbuatan yang membahayakan diri dan orang lain, sebagaimana sabda Rosululloh shollollohu ’alaihi wa sallam:
”Tidak boleh membahayakan diri sendiri dan orang lain.” (HR. Baihaqi dan al-Hakim dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani).
Rokok tidak diragukan membahayakan diri dan orang lain sehingga termasuk hal yang dilarang.

Nii Saya Kasih Tips Tips Nya Biar Berhenti Merokok .. CEKIDOTT

1. Niatkan dalam diri anda bahwa anda bertekad kuat untuk berhenti merokok.
Setiap perbuatan, apapun itu, pasti akan dimulai dari niatnya. Jika anda memang berniat untuk bebas dari jeratan rokok, yakinlah anda pasti bisa terbebas dari rokok. Jika niat anda memang sudah kuat, kokoh, pasti anda tidak akan mudah tergoda dengan berbagai halangan dan rintangan yang mungkin muncul ketika anda melalui masa-masa sulit berjuang melepaskan diri dari rokok. Jadi, niatkan dulu dengan niat yang sungguh-sungguh.
2. Langsung stop mulai detik ini
Jika anda memang berniat sungguh-sungguh untuk berhenti merokok, janganlah anda beri lagi sebuah kesempatan kepada keinginan anda untuk merokok. Caranya, langsung saja anda stop kebiasaan buruk anda tersebut saat itu juga. Jangan mengurangi sedikit demi sedikit, karena nanti malah kebablasan lagi. Intinya stop total. Jika saat ini anda masih ada sisa stok rokok, buang atau bakar saja. Agar anda tidak terpancing kembali untuk merokok. Bagaimana? setuju?
3. Sibukkan diri anda
Biasanya, jika para perokok banyak mempunyai waktu senggang, akan mengakibatkan keinginan untuk merokok sangatlah besar. Jika anda mengisi waktu senggang anda dengan aktivitas, tentu hal ini akan dapat anda minimalisir. Orang yang disibukkan dengan berbagai kegiatan, akan sangat kecil kemungkinan untuk mendapatkan kesempatan merokok. Intinya, jika anda sering bengong, bisa saja keinginan merokok akan datang kembali. 
4. Ganti dengan permen
Ide cerdas yang satu ini memang sudah terbukti efektif bagi banyak perokok yang ingin dan sudah sembuh dari kecanduan rokok. Rasa kecut didalam mulut sering timbul, karena biasanya ketika anda merokok jika rasa kecut itu timbul, anda akan dengan mudahnya mengambil sebatang rokok, kemudian menyulutnya dengan api dan dengan nikmatnya anda menghisap rokok anda. Nah, jika anda ingin mengatasi hal ini, cobalah ganti rokok dengan permen. Untuk jenis dan rasa peremennya, silahkan anda sesuaikan dengan selera masing-masing. Dengan menghisap permen, tentu saja jauh lebih murah dan lebih sehat apabila dibandingkan dengan menghisap asap rokok. Bagaimana? sudah siap-siap membeli permen?
5. Maaf, saya tidak merokok lagi!!
Kita sebagai makhluk sosial, tentu saja tidak bisa luput dari yang namanya bermasyarakat. Nah, didalam interaksi dengan orang lain tersebut, tentu saja ada orang-orang yang merokok. Mungkin saja teman baik anda, saudara anda, teman kerja anda dan sebagainya. Pasti akan ada kemungkinan diantara mereka ada yang perokok. Bisa saja anda melihat mereka asyik menikmati rokok bahkan tidak menutup kemungkinan anda akan ditawari oleh mereka. Karena mungkin mereka tahu bahwa biasanya anda juga merokok. Jika anda memang benar-benar ditawari oleh mereka, tolak saja dengan tegas dan jelas. "Maaf, saya tidak merokok lagi". Itulah kuncinya. Jika anda masih menerima penawaran mereka, berarti niat anda belum kuat dan kemungkinan besar anda akan kembali terpancing untuk merokok lagi terus dan terus merokok lagi. Baagaimana? sudah siap menerapkan ini?
6. Konsisten
Jika anda sudah dapat berhenti merokok, katakanlah anda sudah mampu tidak merokok sama sekali selama 2 bulan. Bisa saja anda kembali tergoda untuk merokok lagi. Untuk itulah anda harus konsisten dengan niat anda untuk lepas dari rokok.
7. Olahraga
Jika anda rajin berolahraga, maka anda akan sehat. Oleh karena itu, anda juga harus mencoba aktivitas yang satu ini. Olahraga itu menyenangkan sekaligus menyehatkan. Kenapa anda tidak tertarik untuk mencobanya? dengan berolahraga rutin setiap hari, atau paling tidak anda menjadwalkan agenda berolahraga beberapa kali dalam 1 minggu, karena bisa jadi anda belum tentu ada waktu untuk dapat berolahraga setiap hari karena kegiatan anda atau karena pekerjaan anda. Intinya, banyak-banyaklah berolahraga.
8. Baca buku atau lihat video 
Mungkin anda dapat mencoba hal ini. Bacalah buku-buku yang membahas tentang berbagai penyakit yang timbul akibat rokok. Untuk video, anda juga bisa menonton video yang memang khusus dibuat untuk menyadarkan para perokok akan bahaya rokok. Anda bisa mencari atau melihat video-video tentang akibat rokok dari Youtube. Biasanya ada video mengenai bahaya rokok didalam situs tersebut. Atau dari sumber-sumber lain terserah, yang penting tujuannya adalah untuk memberikan efek "takut" kepada anda dan akhirnya dapat memperkuat niatan anda untuk berhenti merokok.
9. Lebih cepat lebih baik
Segerakan untuk berhenti merokok. Tunggu apalagi, lebih baik sedini mungkin anda berhenti merokok sebelum berbagai penyakit dan efek buruk akibat rokok menggerogoti tubuh dan kesehatan anda.
10. Berdoa
Berdoalah kepada Tuhan YME agar usaha anda dalam rangka berhenti merokok diberikan kemudahan dan kelancaran.


11. Ketahui Alasan Tepat Anda
Tidak cukup baik menjadikan “karena itu buruk bagi Anda” sebagai alasan berhenti merokok. Anda perlu motivasi pribadi yang kuat, semacam keinginan melindungi keluarga Anda dari asap rokok. Anda bisa pula berfikir kanker paru-paru sebagai sesuatu yang menakutkan Anda. Bisa juga alasan sederhana seperti keinginan terlihat lebih muda. Pilih alasan kuat daripada keinginan Anda untuk menyalakan rokok.

12. Jangan Plin Plan
Mudah membuang rokok lalu mendeklarasikan diri telah berhenti. Sangat polos dan sederhana. Cuma jangan seperti itu. Karena 95 persen orang yang mencoba berhenti merokok tanpa terapi gagal. Alasannya, nikotin menyebabkan ketergantungan. Otak terbiasa dengan nikotin dan haus akan senyawa itu.

13. Coba Terapi Pengganti Nikotin
Pecandu rokok akan merasa frustasi, depresi, gelisah dan marah kala tidak mendapat asupan nikotin. Terapi pengganti nikotin membantu mengurangi perasaan ini. Studi menunjukkan permen karet nikotin, lozenges, dan patches dapat membantu melipatgandakan peluang Anda untuk berhenti merokok. Pasalnya umumnya tak dianjurakan mengkonsumsi produk ini sembari merokok.

14. Ketahui Resep Obat
Datang ke dokter dan minta resep obat. Ketahui cara yang memudahkan penarikan nikotin memakai produk yang tak mengandung nikotin.  Ada pil dari bahan kimia yang membantu mengurangi ketagihan pada otak. Sebaiknya jangan pergi ke dokter sendirian.

15. Nyatakan kepada Orang Dekat
Keputusan Anda berhenti merokok sebaiknya diutarakan kepada teman, keluarga, dan rekan kerja. Mereka bisa mendorong Anda agar bisa membuat perbedaan. Anda bisa bergabung dengan kelompok pendukung atau berbicara dengan konselor. Terapi perilaku adalah jenis konseling yang membantu identifikasi dan memberi cara berhenti merokok. Peluang Anda berhasil berhenti merokok kian besar dengan gabungan antara terapi perilaku dan produk pengganti nikotin.

16. Kelola Stres
Lebih rileks merupakan satu dari berbagai alasan merokok. Nikotin dianggap membantu. Niat Anda berhenti merokok harus diikuti cara lain mengatasi stres. Anda bisa yoga atau mendengarkan musik. Anda  harus bisa menghindari stres dalam beberapa pekan setelah memutuskan berhenti merokok.

17. Hindari Alkohol dan Pemicu Merokok Lain
Keinginan merokok bisa ditingkatkan oleh kegiatan tertentu. Alkohol menjadi pemicu yang paling umum. Maka hentikan konsumsi alkohol. Cuma kalau pemicunya kopi, Anda bisa beralih ke teh selama beberapa pekan. Anda juga harus mencoba menghentikan kebiasaan merokok setelah makan dengan menyikat gigi atau mengunyah permen karet.

18. Bersihkan rumah
Buang asbak dan korek api. Cuci pakaian, karpet, gorden, dan benda lain agar terhindar dari bau asap rokok. Singkirkan aroma familiar dengan menyemprotkan penyegar udara. Jangan pernah lagi  melihat atau mencium sesuatu yang mengingatkan Anda pada rokok.

19. Coba dan Coba Lagi
Kambuh merokok lagi sangat wajar, bahkan tak sedikit yang menyerah pada rokok. Periksa emosi dan keadaan yang menyebabkan kambuh. Kembalikan komitmen berhenti merokok. Coba lagi dan tetapkan batas waktu.

 
20. BerolahragaAktivitas fisik bisa membantu mengurangi ketagihan nikotin. Ganti ambil sebatang rokok menjadi meraih sepatu olahraga. Olahraga ringan, seperti berjalan-jalan atau mencabut rumput liar di kebun, bahkan sangat membantu. Kalori ekstra yang Anda bakar akan menangkal kenaikan berat badan setelah Anda berhenti merokok.

21. Makan Buah dan Sayur
Jangan diet saat berhenti merokok. Fokus makan lebih banyak buah, sayuran, dan produk susu rendah lemak. Studi Universitas Duke menunjukkan sayur dan buah membuat rokok terasa mengerikan. Ini akan memberikan Anda “kaki” penopang dalam memerangi kecanduan sekaligus memberi nutrisi pelawan penyakit.

22. Pilih Hadiah
Selain manfaat kesehatan,  berhenti merokok menghemat pengeluaran. Uang pembelian rokok bisa menjadi hadiah yang menyenangkan.

23. Demi Kesehatan
Berhenti merokok tidak cuma menghemat uang, tetapi juga kesehatan. Tekanan darah menurun, dan kadar oksigen dalam tubuh bertambah. Dalam sehari, tingkat karbon monoksida dalam darah kembali normal. Dalam waktu dua pekan sampai tiga bulan, risiko serangan jantung dan paru-paru berkurang dan berfungsi lebih baik. Bukankah sehat dari ancaman penyakit jantung koroner, stroke, dan paru-paru, menyenangkan?









Ni Untuk Para orang Tua Agar  Anaknya Tidak Merokok

  1. Sejak usia dini, anak diajarkan dan diberikan pengetahuan tentang bahaya merokok dengan cara memperlihatkan keburukan-keburukan merokok melalui slide-slide yang ada di media massa yang menggambarkan dampak buruk akibat dari kebiasaan merokok.

  2. Berdisiplinlah dalam hal merokok, jangan merokok di dalam rumah, ruang tamu, kamar, meja makan, dan terutama hindarilah merokok di depan anak-anak.

  3. Terapkan peraturan di dalam rumah bahwa siapa saja yang kedapatan merokok (di dalam rumah), maka kenakan denda dengan peraturan yang ada sanksi dengan memberlakukan denda. Denda apa sajapun terserah, asalkan memenuhi unsur jera (efek jera). Di keluarga saya biasanya diberlakukan denda dalam bentuk rupiah. Misalnya, bagi siapa saja yang kedapatan merokok pada tempat-tempat yang sudah disepakati bersama dan jika ada yang ketahuan merokok di dalam ruangan yang sudah disepakati bersama tersebut, maka akan dikenakan sanksi denda Sekian Rupiah (pada keluarga saya sudah kami terapkan denda sebesar Rp.100.000,oo per setiap ketahuan merokok).

  4. Tulis sebuah papan tulisan atau dalam bentuk apapun yang isi tulisannya adalah larangan merokok “NO SMOKING AREA” pada zona-zona larangan merokok di dalam rumah. Tulisan ini bermaksud sebagai warning bagi orang-orang yang merokok agar tetap waspada dan agar tidak merokok di dalam zona-zona terlarang yang sudah sama-sama kita sepakati bersama-sama (keluarga).

  5. Tulis juga sebuah anjuran sebesar tulisan yang sama seperti tulisan uang ada pada nomor 4 di atas, namun ada tambhan kalimat: SILAHKAN MEROKOK ASAL BAYAR DENDA SEBESAR Rp.100.000,oo SATU KALI MEROKOK PADA AREA INI.

  6. Jangan biasakan menyuruh (minta tolong) anak anda untuk membelikan rokok di warung apabila saat-saat tertentu anda kehabisan stok rokok di rumah. Usahakan agar jangan pernah melakukan hal itu (jangan sekali-kali pernah melakukan hal itu). Karena hal yang seperti itu adalah melatih anak anda untuk tidak bersentuhan secara lansung dengan bentuk pisik krokok.

  7. Jangan biasakan meminta tolong kepada anak serta menyuruh anak-anak untuk mengambilkan rokok anda walaupun dalam waktu yang sangat mendesak dan pada saat anda membutuhkan rokok untuk malakukan aktifitas merokok (semisal, menyuruh anak anda untuk mengambilkan rokok di atas meja makan ataupun di dalam saku baju celana anda). Hal ini, sekali lagi untuk membiasakan si anak untuk tidak bersentuhan secara langsung dengan yang namanya rokok.

  8. Anda sebagai perokok, harus disiplin dan mentaati peraturan yang anda buat sendiri. Agar anda dapat memberikan contoh kedisiplinan anda baik dalam hal rokok-merokok maupun dalam hal kedisiplinan-kedisiplinan lainnya kepada orang-orang sekitar terutama kepada anak anda.
  Demikan Yang Bisa Saya Berikan Kurang Lebihnya Mohon Di Maafkan Yaa ... Wassalam



sumber:http://blogshop.kompasiana.com/   http://www.tempo.co/ dan Tambahan sendiri

0 komentar:

Posting Komentar

Download

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *